Home Kabupaten Tolitoli SOSIALISASI VAKSINASI COVID-19 TAHAP KEDUA KABUPATEN TOLITOLI

SOSIALISASI VAKSINASI COVID-19 TAHAP KEDUA KABUPATEN TOLITOLI

245
0
SHARE
SOSIALISASI VAKSINASI COVID-19 TAHAP KEDUA KABUPATEN TOLITOLI

tolitolikab.goid. Kamis, 25/02/2021, Dinas Kesehatan Kabupaten Tolitoli melaksanakan Sosialisasi Vaksinasi covid-19 secara virtual melalui zoom meeting yang difasilitasi oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tolitoli dengan memperhatikan protokol kesehatan, sosialisasi vaksinasi Covid-19 ini dipandu langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tolitoli Anjasmara,S.Pt.,MP, serta menghadirkan dua orang narasumber sebagai pembicara. Sosialisasi ini diikuti oleh unsur FORKOPIMDA, kepala OPD, kepala BUMN dan BUMD se-Kabupaten Tolitoli sebagai peserta sosialisasi.

Penjabat Sekretaris Daerah Kab. Tolitoli Moh. Asrul Bantilan, S.Sos dalam sambutannya menyampaikan  Sosialisasi  Vaksinasi tahap kedua yang direncanakan awal Maret 2021 sebagai sasaran vaksinasi yakni petugas pelayanan Publik terdiri dari  Tenaga Pendidik,  TNI, Polri, DPRD, Tokoh agama ,para pejabat Daerah, ASN, Pekerja BUMN dan BUMD ,Polisi Pamong Praja, Para Wartawan  /Pekerja  Jurnalis, Organda,  Pedagang Pasar dan petugas pariwisata.  Sosialisasi ini juga diharapkan kepada Kepala OPD dan Pimpinan instansi yang terkait untuk melanjutkan pemberian informasi dan penjelasan serta edukasi kepada staf dan jajaran yang ada dimasing-masing perangkat daerah yang dipimpinnya sehingga kegiatan vaksinasi yang dilakukan secara serentak diseluruh Kabupaten/Kota termasuk Kabupaten Tolitoli dapat berjalan baik, diakhir sambutannya Moh. Asrul Bantilan, S.Sos berpesan kepada Seluruh Pimpinan kesatuan TNI, Polri, Pimpinan OPD, BUMN dan BUMD yang belum menyampaikan data karena data ini sebagai data penting dalam pemberian dosis vaksin. Selanjutnya, khusus kepada Kepala Dinas Pendidikan agar menyampaikan kepada seluruh guru, pegawai kontrak, petugas sekolah untuk mengisi data sesuai format yang diberikan.

dr.Sofyan Lahadja, dokter spesialis bedah selaku ketua IDI cabang Tolitoli dan Buol menyampaikan dalam materinya,  vaksin ini merupakan pelengkap dari Protab 3M, 5M serta 3T diharapkan agar terbentuk kekebalan kelompok yang bisa mencapai 70% dan menurunkan jumlah penularan dan kematian akibat virus Covid-19, sistem kekebalan tubuh manusia ada 2 yaitu yang didapat dari tubuh manusia itu sendiri dan didapat dari bahan ilmiah seperti imunisasi. Vaksin bukan obat, vaksin mendorong pembentukan kekebalan spesifikasi pada penyakit covid-19 agar terhindar dari penularan ataupun kemungkinan sakit berat. 

Matalatta Tanra,S.Kep.Ns.,M.Kes selaku Ketua Tim Penanggung jawab Pelaksanaan Vaksin Covid-19  menyampaikan dalam paparannya vaksinasi  covid-19 yang dirilis oleh  Dinas Kesehatan berjumlah 1.768 orang atau berkisar 91,82 % yang telah divaksinasi. Pelaksanaan vaksinasi didasari pada regulasi Perpres Nomor 99 tahun 2020 tentang pengadaan vaksin dan pelaksanaan Vaksinasi dalam rangka penanggulangan Covid-19. Pemberian vaksinasi tidak dapat diberikan kepada sesorang tanpa melalui skrining dan tidak memenuhi syarat untuk divaksin ketika suhu badan dan tekanan darah tinggi, pernah terkontaminasi Covid-19 atau penyakit lainnya yang sifatnya prinsipil dan usia dibawah 18 tahun. Setelah vaksinasi akan dilakukan evaluasi dan pengawasan dari pihak-pihak yang telah ditunjuk oleh Tim yang dibentuk oleh Pemerintah.

Dalam Sosialisasi secara virtual ini juga dilaksanakan sesi diskusi atau tanya jawab dengan peserta yang mengikuti virtual zoom meeting.      

 

(Bidang Pengelolaan & Layanan Informasi Publik Diskominfo Tolitoli)