Home Pemerintahan PAWAI MENYAMBUT BULAN SUCI RAMADHAN TAHUN 1442 HIJRIAH/2021 MASEHI

PAWAI MENYAMBUT BULAN SUCI RAMADHAN TAHUN 1442 HIJRIAH/2021 MASEHI

328
1
SHARE
PAWAI MENYAMBUT BULAN SUCI RAMADHAN TAHUN 1442 HIJRIAH/2021 MASEHI

tolitolikab.go.id. Pemerintah Daerah Kabupaten Tolitoli menyelenggarakan  pawai menyambut bulan suci ramadhan tahun 1442 hijriyah/2021 masehi yang dilepas secara resmi oleh Wakil Bupati Tolitoli Mohammad Besar Bantilan pada senin sore (12/4) di halaman Mesjid Agung Almubaraq tolitoli,  dihadiri pula anggota forum koordinasi pimpinan daerah kabupaten tolitoli, Asisten Ekonomi dan pembangunan Ir.  Muh.  Nur Munawar,  Asisten Administrasi Umum Ir.  Hardian,  M. Si,  Wakil ketua II DPRD kabupaten Tolitoli Asis Bestari ST, MM,  dan anggota DPRD Kabupaten Tolitoli,  para kepala pimpinan daerah dan unit kerja lingkup pemda tolitoli, kepala kantor kementerian agama kabupaten tolitoli, ketua majelis ulama indonesia, tokoh-tokoh agama dan para pengurus masjid yang sempat hadir serta  peserta pawai.

Wakil Bupati Tolitoli Moh.  Besar Bantilan dalam sambutannya mengatakan waktu terus bergulir dan beberapa saat lagi kita akan memasuki bulan ramadhan tahun 1442 hijiriyah. bulan ramadhan adalah bulan suci bagi ummat islam, bulan yang selalu dirindukan dan dinantikan karena Allah Subhanahu wataala telah menjanjikan banyak pahala yang dapat diperoleh ummat islam dalam bulan ramadhan ini. itulah sebabnya sehingga dikatakan bahwa bulan ramadhan adalah bulan yang penuh dengan rahmat, maghfirah dan ampunan.

saat menyambut bulan ramadhan tahun lalu, kegiatan semacam ini tidak dapat kita laksanakan karena mewabahnya covid-19. kali ini, meskipun kita masih berada di tengah pandemi, namun pemerintah daerah dan panitia hari-hari besar islam kembali melaksanakan pawai meskipun dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. hal ini bertujuan untuk mengingatkan warga akan datangnya bulan suci ramadhan dengan harapan agar warga masyarakat khususnya ummat muslim dapat mempersiapkan diri baik secara fisik maupun mental untuk menjalankan berbagai rangkaian ibadah selama bulan ramadhan seperti berpuasa, berinteraksi dengan al-qur’an, shalat sunnah tarawih dan diteruskan dengan shalat tahajud, memperbanyak dzikir, doa dan istighfar, memberikan shadaqah, infak dan zakat, menuntut ilmu agama dan menyampaikanya kepada yang lain, melakukan i’tikaf, dan menjaga keseimbangan dalam ibadah. itu semua membutuhkan fisik dan mental yang mapan sehingga harus dipersiapkan sejak saat ini.

Diakhir sambutan wakil Bupati mengharapkan agar selama mengikuti pawai, tetap menjaga keamanan dan ketertiban di jalanan, taati aturan berlalu lintas, hindari penyebab kecelakaan serta tetap menjaga prinsip saling menghargai antar sesama peserta pawai.

prinsip tersebut merupakan ciri ummat muslim yang harus terus dijunjung tinggi. sebagaimana salah satu misi pemerintah kabupaten tolitoli yakni mewujudkan masyarakat religius yang berkepribadian dalam kebudayaan lokal dan nasional.

( Tim Liputan Bagian Prokopim Setdakab Tolitoli )

Video Terkait: