Home covid-19 Jaga Kesehatan Tubuh Ditengah Pandemi

Jaga Kesehatan Tubuh Ditengah Pandemi

99
0
SHARE
Jaga Kesehatan Tubuh Ditengah Pandemi

Guna mencegah dan memutus penyebaran virus covid-19, pemerintah pun menetapkan kebijakan PSBB (pembatasan sosial berskala besar). Tak hanya itu, pemerintah juga terus menghimbau kepada masyarakat untuk selalu menjaga jarak dan bekerja dari rumah. Akibatnya, kita dituntut untuk melakukan berabagai aktivitas dari rumah saja.

Pola hidup normal baru mulai dilakukan secara bertahap. Ya, new normal alias normal baru ini merupakan fase hidup baru, dimana kita akan kembali beraktivitas seperti biasa, namun tetap menjalankan protocol kesehatan. Lantas, apa yang harus kita lakukan untuk menjaga kesehatan tubuh selama pandemic? Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi mengenai tips menjaga kesehatan di tengah pandemic, mending kita simak saja langsung ulasan dibawah ini.

1. Selalu Menjaga Kebersihan Tangan

Berdasarkan dari hasil penelitian, beragam jenis bakteri dan virus bisa menyebar dengan mudah karena adanya kontak fisik seperti berjabat tangan. Maka dai itu, sangat penting bagi kita untuk selalu menjaga kebersihan tangan dengan. Untuk mendapatkan kebersihan tangan yang maksimal, maka cucilah dengan menggunakan sabun dan air yang mengalir sampai bersih.

2. Jangan Menyentuh Wajah

Beberapa area wajah seperti mata, hidung, dan mulut merupakan tempat yang paling rawan ditembus oleh virus dari tangan. Mengingat akan hal itu, disarankan bagi kamu untuk memastikan kebersihan tangan sebelum menyentuh wajah. Meskipun tanganmu sudah dalam keadaan bersih, sebaiknya usahakan untuk tidak langsung menyentuh wajah saat berada di tempat umum.

3. Selalu Memakai Masker

Baik dalam keadaan sehat maupun sakit, pemakaian masker ini akan menjadi kebiasaan baru di periode new normal. Pasalnya, hal tersebut berkaitan dengan anjuran berbagai pihak yang menyatakan penggunaan masker dapat mencegah penularan virus covid-19. Nah, ketika kamu hendak keluar rumah, maka gunakanlah masker yang tiga lapis (jenis masker bedah).

4. Selalu Menjaga Jarak

Fisik kita pastinya memiliki peran untuk menjauhkan pada hal yang terbawa-bawa hingga periode new normal ini. Menurut informasi yang di dapat, menjaga jarak juga merupakan salah satu cara yang paling efektif untuk mencegah penyebaran virus covid-19. Dalam hal ini, kamu dianjurkan menjaga jarak dengan orang lain minimal 1 meter.

5. Memakai Face Shield

Face shield alias pelindung wajah juga merupakan salah satu pilihan paling tepat bagi kamu untuk terhindar dari paparan virus corona. Produk pelindung wajah ini pun bisa kamu jumpai dengan mudah di pasaran, baik itu di toko online maupun toko offline.

6. Melakukan Isolasi Mandiri

Apabila kamu merasakan gejala yang mirip dengan infeksi virus corona, seperti demam, batuk, dan flu, maka kamu harus melakukan isolasi sendiri di dalam rumah. Tak hanya itu, usahakan juga agar kamu tidak keluar dari kamar sehingga virusnya tidak menyebar ke anggota keluarga lainnya.

7. Mengonsumsi Vitamin C

Tips berikutnya yang  bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan di tengah pandemic, yakni dengan mengonsumsi vitamin C. Pasalnya, vitamin C bermanfaat untuk meningkatkan system kekebalan tubuh yang dapat menangkal radikal bebas. Dengan begitu, tubuh kamu pun tidak akan mudah terserang berbagai jenis penyakit. Kandungan vitamin C itu sendiri bisa kamu dapatkan pada berbagai jenis makanan, seperti buah jeruk, buah pepaya, buah kiwi, hingga produk suplemen. 

8. Menjaga Kesehatan Tubuh

Seperti diketahui, bahwa ditengah pandemic ini kebanyakan kasus kematian diakibatkan adanya penyakit bawaan lainnya. Seperti jantung, diabetes, TBC, hingga usus buntu. Oleh karena itu, kita harus menjaga kesehatan lainnya dan menghindari berbagai penyakit yang menjadi penyebab usus buntu, jantung, diabetes dan lainnya.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan tubuh di tengah pandemic