Home Agama DIALOG ANTAR UMAT BERAGAMA MENYAMBUT BULAN SUCI RAMADHAN

DIALOG ANTAR UMAT BERAGAMA MENYAMBUT BULAN SUCI RAMADHAN

254
0
SHARE
DIALOG ANTAR UMAT BERAGAMA MENYAMBUT BULAN SUCI RAMADHAN

tolitolikab.go.id. Dalam rangka menghadapi bulan suci Ramadan 1442 Hijriah tahun 2021 Masehi dan untuk mencegah terjadinya gesekan antar umat beragama yang dilakukan oleh sekelompok orang yang tidak bertanggung jawab maka forum kerukunan umat beragama Kabupaten Tolitoli melaksanakan dialog antar tokoh tokoh agama pada senin 12/4. Di di gedung Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia Kabupaten Tolitoli.

Turut hadir dalam acara tersebut Bupati Tolitoli yang diwakili oleh asisten administrasi umum Ir Hardian M.Si, komandan Kodim 1305 BT, perwakilan dari polres Tolitoli, Kepala Kementerian Agama Kabupaten Tolitoli dan ketua forum kerukunan umat beragama Kabupaten Tolitoli beserta seluruh pengurus forum kerukunan umat beragama Kabupaten Tolitoli.

Bupati Tolitoli dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh asisten administrasi umum Ir Hardian, M.Si mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang tinggi atas perhatian dan kepedulian seluruh pemuka agama di kabupaten Tolitoli yang telah membangun komitmen bersama untuk menjaga solidaritas, serta tetap memelihara kerukunan dalam bingkai persaudaraan. apa yang telah dilakukan oleh seluruh pemuka agama di daerah ini, merupakan kontriubusi yang besar dalam pelaksanaan pembangunan yang tengah digalakkan oleh pemerintah daerah. Sehingga daerah kita terhindar dari segala macam ancaman dalam daerah kita sendiri.

sebagai kabupaten yang yang majemuk dan multi etnis kabupaten Tolitoli hingga saat ini masih dikategorikan sebagai daerah paling aman di Sulawesi Tengah untuk itu saya mengajak kepada kita semua yang hadir ditempat ini untuk terus mempertahankan predikat tersebut sehingga mampu menjadi contoh di daerah lainnya

Selanjutnya Bupati Tolitoli mengatakan sangat mengapresiasi kegiatan dialog ini sebagai salah satu upaya menjalin silaturahmi dengan tokoh tokoh agama di daerah ini dialog antar umat beragama yang di gagas forum kerukunan umat beragama kabupaten Tolitoli ini merupakan miniatur kebinekaan Indonesia saya berharap tidak ada satupun yang ditinggalkan ataupun dipinggirkan FKUB hendaknya menjadi tenda bangsa yang mengayomi semua umat beragama dari beragam kelompok komitmen ini harus tertanam kuat dalam kesadaran para tokoh dan aktivis FKUB di kabupaten Tolitoli karena tantangan kehidupan beragama kian hari kian berat kehadiran media sosial dalam mewarnai kehidupan beragama dewasa ini tidak bisa diabaikan tidak jarang media sosial terkadanng membawa racun seperti hoaks dan ujaran-ujaran kebencian yang justru menimbulkan perpecahan dibutuhkan figur dan tokoh-tokoh agama yang dapat mempersatukan merangkul serta piawai melunakkan perbedaan pilihan dan paham menjadi kekuatan kita bersama sehingga umat tidak terjebak pada pandangan-pandangan yang ekstrem dan melegalkan kekerasan diakhir.

Selanjutnya bupati mengajak kepada seluruh peserta dialog untuk bersama-sama bergotong-royong untuk membangun kabupaten Tolitoli yakni mewujudkan visi dan misi pemerintah kabupaten Tolitoli yakni, terwujudnya masyarakat kabupaten Tolitoli yang sejahtera dan mandiri melalui pemerintahan yang amanah, responsif dan merakyat. karena tanpa dukungan masyarakat dalam menyukseskan program pemerintahan kami tidak akan berdaya.

( Tim Liputan Bagian Prokopim Setdakab Tolitoli)