Home covid-19 CALON JEMAAH HAJI KAB. TOLITOLI MENERIMA VAKSINASI

CALON JEMAAH HAJI KAB. TOLITOLI MENERIMA VAKSINASI

136
0
SHARE
CALON JEMAAH HAJI KAB. TOLITOLI MENERIMA VAKSINASI

tolitolikab.go.id. Selasa, 30/03/2021, Dinas kesehatan Kab. Tolitoli melaksanakan vaksinasi untuk lansia. Namun lansia yang mendapatkan vaksinasi adalah mereka yang terdaftar pada kementrian kesehatan khususnya puskes haji. Hal ini sesuai dengan ketetapan kementrian kesehatan dan puskes haji bahwa tertanggal 31 maret 2021, calon Jemaah haji harus sudah  tervaksin sesuai dengan jumlah calon Jemaah haji yang berusia lansia, tutur Mattalata Tanra, S.Kep Ns.M.Kes

Saat ini di Kab. Tolitoli jumlah lansia yang sudah terdaftar di puskes haji berjumlah 91 orang. Pemberian vaksin dilaksanakan selama dua hari di dua tempat yang berbeda, yaitu Dinas Kesehatan Kab. Tolitoli dan UPT Puskesmas Kota Managaisaki.

Lanjut Mattalata Tanra, S.Kep Ns.M.Kes, berdasarkan Juknis P20202 terkait dengan perlakuan pemberian vaksinasi untuk lansia berbeda dengan pemberian vaksin pada masyarakat umum yang rentan umur antara 18-59 tahun. Ada satu pertanyaan bersifat mutlak ditanyakan oleh tenaga medis yang berada di meja dua, yaitu terkait dengan kemampuan fisik seorang lansia, kemudian interval pelaksanaan vaksin pun juga berbeda dengan masyarakat umum. Interval pemberian vaksin pada lansia berjumlah 28 hari antara tahap satu dan tahap dua. Calon Jemaah haji juga akan mendapatkan pendampingan khusus oleh tim kesehatan  saat pemberangkatan.

Sumber : Bidang Pengelolaan dan Layanan Informasi Publik Diskominfo Tolitoli