Home Kabupaten Tolitoli BUPATI TOLITOLI MEMBUKA MUSRENBANG RKPD KABUPATEN TOLITOLI TAHUN 2022

BUPATI TOLITOLI MEMBUKA MUSRENBANG RKPD KABUPATEN TOLITOLI TAHUN 2022

137
0
SHARE
BUPATI TOLITOLI MEMBUKA MUSRENBANG RKPD KABUPATEN TOLITOLI TAHUN 2022

tolitolikab.go.id. Bupati Tolitoli Amran Hi. Yahya bersama Wakil Bupati Tolitoli Moh. Besar Bantilan membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) Tahun 2022. Dengan tema “Percepatan Pemulihan Ekonomi, Penguatan Infrastruktur dan Sumber Daya Manusia Menuju Masyarakat Kabupaten Tolitoli yang Sejahtera dan Mandiri, bertempat di Aula Hotel Mitra Utama Selasa, 23 Maret 2021.

Dalam sambutanya Bupati Tolitoli. Amran Hi. Yahya menyampaikan ucapan terima kasih, serta apresiasi dan penghargaan yang setinggi tingginya kepada segenap Tim Penyusun RKPD, Pimpinan Perangkat Daerah, Camat se-Kabupaten Tolitoli dan Kepala Desa atas selesainya tahapan proses perencanaan tahun 2022 Kab. Tolitoli. Penyusunan RKPD merupakan pelaksanaan Visi dan Misi Bupati dan Wakil Bupati Tolitoli hasil Pilkada Serentak tahun 2020 sebagaimana   direncanakan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Kab. Tolitoli Tahun 2021-2026. Beberapa permasalahan yang sifatnya mendesak  yang harus dituntaskan : 1. Reformasi Birokrasi dan Pelayanan Publik bagi masyarakat; 2.Pembangunan infrastruktur dasar; 3. Kualitas cakupan layanan pendidikan dan kesehatan; 4. Kesejahteraan sosial, angka kemiskinan dan tingkat pengangguran; 5. Pembangunan ekonomi, pengembangan sektor pertanian, sektor perikanan dan sektor pariwisata; 6. Daya tampung, daya lingkungan hidup dan mitigasi bencana; serta 7. Pemulihan ekonomi pasca pandemi Covid-19.

Penyusunan RKPD tetap memperhatikan program dan kegiatan prioritas yang di usulkan melalui kegiatan Musrenbang Desa, Musrenbang Kecamatan dan Pokok Pikiran DPRD berdasarkan hasil reses dalam rangka pencapaian visi dan misi Pemerintah Kabupaten Tolitoli Tahun 2021-2024 dan sebagai upaya menyelesaikan permasalahan yang di hadapi. Dalam sambutannya Amran Hi. Yahya menyampaikan 5  arah dan sasaran pembangunan yakni : 1.Tolitoli maju, melalui pembangunan infrastruktur, pendidikan, kesehatan, sumber daya manusia dan kemandirian ekonomi; 2. Tolitoli zero  pengangguran, melalui investasi yang lebih mudah dan kepariwisataan secara komprehensif dan terpadu; 3.Tolitoli sejahtera, melalui gerakan  1.000 (seribu) UMKM dan pemberdayaan kaum milenial; 4.Tolitoli Adipura, melalui penataan kota, kawasan kumuh dan kawasan ruang terbuka hijau, pesisir pantai serta pelibatan masyarakat dalam bentuk gotong royong penanganan sampah dan bencana banjir; serta 5. Pembentukan birokrasi sebagai pelayan melalui reformasi birokrasi khususnya yang berkaitan dengan perangkat daerah. Musrenbang RKPD disusun dan dilaksanakan secara bersama, bersinergi dengan seluruh perangkat daerah, masyarakat serta seluruh stakeholder di dukung dari Pimpinan dan seluruh anggota DPRD Kabupaten Tolitoli.

Pokok pikiran Dewan Perwakilan Provinsi Sulawesi Tengah yang disampaikan oleh Anggota DPRD Daerah Pemilihan Kab. Tolitoli-Buol Sulawesi Tengah, Hasan Patongai menyampaikan, Musrenbang merupakan salah satu tahapan didalam penyusunan RKPD. 50 % keberhasilan pembangunan ditentukan oleh perencanaan dan 50 % ditentukan oleh implemetasi, monitoring dan evaluasi keselarasan.

Irfan Burase, SP.M.Si menyampaikan sambutan Kepala BAPPEDA Provinsi Sulawesi Tengah yang tidak sempat hadir dalam Musrenbang RKPD Kab. Tolitoli bahwa, Musrenbang Kab.  Tolitoli memiliki makna pencapaian visi dan misi pembangunan daerah, yang merupakan dasar atau pondasi dalam mewujudkan visi dan misi yang dituangkan dalam RPJM Kabupaten Tolitoli untuk merumuskan program dan kegiatan prioritas dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat, terwujudnya kesamaan pandangan antara Pemerintah Provinsi dan Kabupaten dengan memperhatikan isu stragis pemulihan ekonomi nasional.

Pokok Pikiran Anggota DPRD Kab. Tolitoli yang disampaikan Wakil Ketua  DPRD Kab.Tolitoli  Jemy Yusup.SP.M.Si menyampaikan untuk RKPD tahun 2022 merupakan rumusan permasalahan dan usulan kebijakan pembangunan daerah. Forum Musrenbang RKPD merupakan forum yang sangat penting untuk menjadi landasan merealisasikan janji janji politik serta visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Tolitoli untuk diimplementasikan demi kesejahteraan masyarakat. Pokok pikiran Dewan Perwakilan Rakyat merupakan serapan aspirasi masyarakat Kab. Tolitoli berdasarkan aspirasi daerah, sekaligus mengharapkan komitmen pemerintah untuk pengembangan UMKM dapat didukung dengan alokasi yang memadai serta pembinaan yang terarah sesuai dengan peluang dan potensi usaha di masa pandemik.

Musrenbang RKPD Tahun 2022 ini di hadiri oleh Wakil Bupati Tolitoli, Anggota DPRD Prov.  Sulawesi Tengah, Wakil Ketua dan Anggota DPRD Kabupaten Tolitoli, Pj. Sekretaris Daerah Kab.Tolitoli,Unsur Forkopimda,Kepala BAPPEDA Prov.Sulawesi Tengah, Kepala OPD se Kabupaten Tolitoli, Para Asisten dan Staf Ahli Bupati, Para Camat se Kabupaten Tolitoli, Para Pejabat Pemerintah Daerah Kab.Tolitoli, para Kepala Kelurahan / Desa se Kabupaten Tolitoli, Tokoh Agama, Akademisi, Tim Penggerak PKK serta Insan Pers, Media Cetak, Elektronik dan Media Online

“Bidang Pengelolaan dan Layanan Infomasi Publik Diskominfo Tolitoli”